DI SHARE YA KHUSUS BAGI PARA SUAMI ANDA HARUS TAHU''?? ISTRI ITU PENDAMPING, BUKAN PEMBANTU ''??

Di Subuh yang dingin... ku temui Ibu telah repot memasak di dapur.
 " Ibu masak apa? Dapat ku bantu? "
 " Itu masak gurame goreng. Sama sambal tomat kegemaran Ayah " sahutnya.
 " Alhamdulillah.. mantab tentu.. Eh Bu.. calon istriku sepertinya dia tak dapat masak loh... "
 " Iya selalu mengapa..? " Sahut Ibu.
 " Ya tak beberapa mengapa sih Bu.. cuma narasi saja, agar Ibu tidak kecewa, hehehe "
 " Apa anda fikir bahwa memasak, membersihkan, menyapu, mengatur rumah serta lain lain ini keharusan Wanita? "
Saya memandang Ibu dengan tidak memahami.
Lantas beliau meneruskan, " Ketahuilah Nak, ini seluruhnya yaitu keharusan Lelaki. Keharusan anda kelak bila telah beristri. " tuturnya sembari menyentil hidungku.
 " Lho, tidakkah Ibu sehari-hari mengerjakannya? "


 " Keharusan Istri yaitu patuh serta mencari ridho Suami. " kata Ibu.
 " Lantaran Bapakmu mungkin saja tak dapat mengaturi rumah, jadi Ibu bantu mengaturi seluruhnya. Bukanlah atas nama keharusan, namun sebagai bentuk cinta serta bentuk Istri yang mencari ridho Suaminya "
Saya semakin bingung Bu.
 " Baik, anandaku sayang. Itu pengetahuan untuk kamu yang ingin menikah. "
Beliau berbalik memandang mataku.
 " Menurutmu, pengertian nafkah ini seperti apa? Tidakkah keharusan Lelaki untuk menafkahi Istri? Baik ini sandang, pangan, serta papan? " bertanya Ibu.

 " Iya sudah pasti Bu.. "
 " Baju yang bersih yaitu nafkah. Hingga membersihkan yaitu keharusan Suami. Makanan yaitu nafkah. Jadi bila masih tetap berbentuk beras, ini masih tetap 1/2 nafkah. Lantaran belum dapat di makan. Hingga memasak yaitu keharusan Suami. Lantas mempersiapkan tempat tinggal yaitu keharusan Suami. Hingga kebersihan rumah yaitu keharusan Suami. "
Mataku membelalak mendengar uraian Bundaku yang cerdas serta kebanggaanku itu.
 " Waaaaah.. hingga segitunya bu..? Lantas bila ini seluruhnya keharusan Suami. Mengapa Ibu terus lakukan ini seluruhnya tanpa ada menuntut Ayah sekalipun? "
 " Lantaran Ibu juga seseorang Istri yang mencari ridho dari Suaminya. Ibu juga mencari pahala supaya selamat di akhirat sana. Lantaran Ibu menyukai Ayahmu, mana mungkin saja Ibu tega menyuruh Ayahmu lakukan seluruhnya. Bila Ayahmu berpunya mungkin saja pembantu mungkin saja jalan keluar. Namun bila belum ada, itu yaitu ladang pahala untuk Ibu. "

 " Pernah dengar narasi Fatimah yang meminta pembantu pada Ayahandanya, Nabi, lantaran tangannya lebam menumbuk tepung? Namun Nabi tak memberikannya. Atau pernah dengar juga waktu Umar bin Khatab diomeli Istrinya? Umar diam saja lantaran beliau tahu benar bahwa wanita kecintaannya telah lakukan pekerjaan beberapa macam yang sesungguhnya ini tidaklah pekerjaan si Istri. "
 " Iya Buu... "
Saya mulai memahami,
 " Jadi Laki-Laki sampai kini salah kira ya Bu, semestinya tiap-tiap Lelaki berterimakasih pada Istrinya. Lebih sayang serta lebih menghormati jerih payah Istri. "
Ibuku tersenyum.

 " Eh. Pertanyaanku lagi Bu, mengapa Ibu terus ingin lakukan seluruhnya walau sebenarnya ini bukanlah keharusan Ibu? "
 " Menikah tidak cuma masalah menuntut hak kita, Nak. Istri menuntut Suami, atau demikian sebaliknya. Namun banyak hal-hal lain. Turunkan ego. Melindungi keselarasan. Ingin sama mengalah. Kerja sama. Kasih sayang. Cinta. Serta Persahabatan. Menikah ini perlombaan untuk berupaya lakukan yang paling baik keduanya. Yang Wanita sebaik-baiknya menolong Suaminya. Yang Lelaki sebaik-baiknya menolong Istrinya. Toh yang diimpikannya rumah tangga hingga Surga "
 " MasyaAllah.... eeh jika calon istriku tahu hal semacam ini lantas dia jadi malas ngapa-ngapain, bagaimana Bu? "
 " Wanita beragama yang baik pasti tahu bahwa ia mesti mencari keridhoan Suaminya. Hingga mustahil setega ini. Tengah Lelaki beragama yang baik pasti juga paham bahwa Istrinya sudah banyak menolong. Hingga tak ada langkah lain terkecuali lebih mencintainya. "
Subhanallah...
Mudah-mudahan yang mengatakan 'Aamiin' diberikan jodoh yang baik oleh Allah SWT, hingga dapat membuat keluarga yang sakinah, mawadah serta warahmah, dan nantinya dimasukkan ke surga


0 Responses to “DI SHARE YA KHUSUS BAGI PARA SUAMI ANDA HARUS TAHU''?? ISTRI ITU PENDAMPING, BUKAN PEMBANTU ''??”

Posting Komentar